Beginilah Cara Sewa Sepeda di Belanda

Sepeda merupakan salah satu transportasi yang banyak ditemukan di negara Belanda. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BOVAG dan RAI . Jumlah sepeda di Belanda berada pada angka 22 juta di tahun 2019. Satu jumlah yang begitu mengesankan. Karena jumlah penduduknya saja cuma 17 juta. Atau kalau dirata-rata, ada 1,3 sepeda per satu orang penduduk. Tidak heran jika sepeda dijumpai pada setiap sudut jalan di Belanda.

Maraknya pesepeda di Belanda tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Fasilitas sepeda dan sarana penunjang begitu banyak tersedia demi kelancaran dan kenyamanan para pengguna sepeda yang kian banyak.Di Ibukota Belanda, Amsterdam, pemerintah kota memberikan fasilitas dengan menghadirkan jalur khusus sepeda hingga 400 km. Tidak hanya itu, parkir khusus sepeda juga disediakan gratis tanpa pungutan biaya. Hal tersebut tentunya berbanding terbalik dengan pengguna mobil yang harus membayar setidaknya 7 Euro untuk biaya parkir setiap jamnya.

Aturan Bersepeda di Amsterdam

Nikmatnya bersepeda di Amsterdam tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat lokal saja, melainkan juga para turis mancanegara yang sedang berlibur di Amsterdam. Turis mancanegara dapat dengan mudah menemukan tempat rental sepeda yang tersebar di seluruh pelosok Amsterdam. Akan tetapi, sebelum bersepeda di Amsterdam, sebaiknya Anda memahami beberapa aturan atau kebiasaan bersepeda yang berlaku di Amsterdam sebagai berikut.

  1. Sebagian besar sepeda Amsterdam memiliki tuas rem yang terletak di pedal belakang, bukan di bagian setang sepeda.
  2. Jalur sepeda juga seperti jalan mobil, yaitu anda harus berkendara di bagian kiri jalan.
  3. Polisi Amsterdam selalu melakukan kontrol. Oleh karena itu, selalu patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Dan ingat polisi mereka juga naik sepeda !
  4. Berikan hak jalan untuk Trem. Amsterdam memiliki jalur yang dikhususkan untuk trem. Jalur ini hanya selebar ban sepeda dan dapat membuat roda sepeda Anda terjepit dan macet didalamnya. Kalau pada kecepatan tinggi, anda bisa terjatuh ke aspal yang keras dan panas.
  5. Berhenti dan biarkan lalu lintas lewat apabila Anda melihat segitiga menunjuk pada jalur Anda.
  6. Nyalakan lampu putih pada bagian depan dan juga lampu merah pada bagian belakang sepeda ketika hari mulai gelap. Kalau melanggar ini anda akna kena denda sebesar €35 per lampunya.
  7. Berikan tanda atau sinyal tangan apabila Anda ingin berbelok ke arah kanan atau kiri untuk memberi tahu orang lain yang berada di sekitar Anda.
  8. Gunakan bel sepeda hanya pada saat mau nyalip dan bila ada bahaya yang mengancam. Jangan sembarangan bunyikan, karena anda juga bisa kena denda.

Cara  Sewa Sepeda di Belanda

Untuk dapat menikmati sensasi bersepeda di Belanda, terlebih dahulu Anda harus menuju tempat persewaan Sepeda. Tempat persewaan sepeda dapat Anda temukan dengan mudah di seluruh pelosok Amsterdam, terutama di dekat daerah wisata seperti, Stasiun Pusat, Leidseplein, dan Dam Square. Berbagai perusahaan yang menyediakan sewa sepeda di antaranya adalah, MacBike, Yellow Bike, Green Budget Bikes, Black Bikes, Star Bikes, Orange Bike, Bike City, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan untuk setiap toko sewa sepeda pun beragam mulai dari 8 Euro hingga 12 Euro untuk sewa harian. Sedangkan untuk sewa lebih dari satu hari, harga sewa yang diberikan jauh lebih murah yaitu, sekitar 5 Euro per harinya. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa gembok sepeda, helm, dan juga peta area Amsterdam.

Perlu Anda ketahui, mayoritas pengguna sepeda di Belanda tidak menggunakan helm. Jumlah pengendara sepeda yang lebih banyak membuat pengendara motor dan lainnya menjadi lebih hati-hati. Sehingga, tingkat kecelakaan sepeda cenderung dapat diminimalisasi. Namun, untuk keamanan dan kenyamanan, rasanya tidak masalah jika Anda ingin menggunakan helm.

Toko sewa sepeda biasanya juga akan meminta salinan identitas diri berupa KTP atau passport. Selain itu, toko sewa juga akan meminta Anda untuk menyerahkan deposit kartu kredit ataupun uang sebesar 50 Euro hingga 200 Euro untuk setiap sepeda sebagai jaminan. Uang tersebut nantinya akan dikembalikan setelah Anda mengembalikan sepeda ke lokasi semula. Sebagai antisipasi, sebaiknya Anda juga menyiapkan asuransi pencurian. Asuransi ini biasanya disediakan oleh setiap toko persewaan. Anda hanya perlu membayar 1,50 Euro hingga 4 Euro untuk setiap satu harinya.

Demikianlah sekilas informasi mengenai budaya bersepeda di Belanda beserta dengan cara sewa sepeda di Belanda.

 

Leave a Reply