Hari Raya Paling Ramai di Eropa  yang Wajib Anda Tahu

Hari raya dan perayaannya. Satu hal yang bisa anda jumpai di berbagai belahan dunia. Termasuk di Eropa, mereka mempunyai beragam hari besar nasional yang dirayakan secara meriah. Baik tingkat nasional maupun di beberapa negara Eropa secara bersamaan. Hari raya tidak terbatas hanya pada kegiataan keagamaan, tapi juga biasanya berkaitan dengan kebiasan orang setempat dan iklim yang ada pada negara itu.

Jauh sebelum Corona datang dan mewabah di dunia, banyak orang bersuka cita menyambut hari raya ini. Tetapi sejak Corona datang, perayaannya lebih sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hari raya paling ramai di Eropa yang menarik untuk Anda ketahui seperti berikut ini:

St. Patrick’s Day di Irlandia

Satu acara besar dan meriah untuk merayakan hari St.Patrick ini. Dengan berbagai parade dan arak-arakan sepanjang jalan, St. Patrick’s Day merupakan suatu event yang ditunggu tiap tahunnya. Berlangsung pada bulan maret 17. Bukan hanya di Irlandia, tapi hara raya ini juga sudah menjalar ke daratan Eropa lainnya. Jadi patut anda simak dan perhatikan ketika mau pergi tour ke Eropa. Kalau mendekati tanggal ini, berarti persiapkan waktu untuk melihatnya secara langsung.

King’s Day – di Belanda

Tidak ada hara raya yang lebih besar dari King’s Day di Belanda. Seluruh warga akan merayakannya. Sekolah libur, dan orang kantor pun tidak bekerja. Demi memperingati hari kelahiran rajanya. Apa saja yang bisa ditemui pada acara ini ? Pada malam harinya pesta mulai dimeriahkan dengan hiburan musik. Panggung  konser berdiri di tiap pusat kota, menampilkan artis lokal. Gratis dan untuk siapa saja. Karena pesta pada malam hari, maka biasa dinamai King’s Night.

Setelahnya, pada malam dini hari,  maka orang akan mencari tempat terbaik untuk menggelar lapak dagangan. Karena tradisi yang paling menarik adalah setiap warga boleh menggelar lapak di sepanjang jalan atau depan pertokoan. Setelah tempat bagus ditemukan, maka dia akan “dipatok” dengan garis terbuat dari kapur tulis.  Disertai nama dari pegadang. Untuk kemudian pagi hari kembali dengan dagangan mereka. Ada juga yang langsung gelar dagangan mereka dari malam hari hingga siang menghampiri.

Segala macam barang boleh dijual. Baik baru maupun bekas dengan harga sangat miring. Bagusnya lagi, mereka tidak ditarik pajak untuk hasil penjualan. Jadi semua bisa masuk kantong. Inilah yang menja-di event dinantikan oleh setiap orang. Utamanya anak kecil akan banyak ditemui menjajakan barang mainan mereka. Atau hasil dari kerajinan tangan. Di sudut lain, lapak menggelar kue tradisional racikan sendiri. Satu pemandangan yang sangat asik. Ditambah nuansa oranje memenuhi sepanjang jalan. Dari sepanduk, poster, pakaian, topi hingga kacamata, semuanya harus bercorak oranje. Pastikan anda datang pada tanggal 27 april untuk bisa menikmati semuanya.

Tempat paling bagus dengan segala atraksinya adalah di Amsterdam. Namun perlu diingat bahwa transportasi sangatlah terbatas. Ratusan ribu orang akan berkumpul dan memakai angkutan umum. Jadi anda harus jeli dan memilih waktu yang tepat untuk tiba disana. Datanglah sepagi mungkin untuk dapatkan spot wisata King’s Day yang menarik.

Bastille Day – Perancis

Hari raya nasional negara Perancis ini dirayakan setiap tanggal 14 juli. Merupakan hari dimana Bastille diserbu sehingga mengakibatkan awal mula adanya Revolusi Perancis yang mahsyur itu. Diadakan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari upacara di Champ Ellyssee, parade hingga ditutup dengan acara pesta kembang api di daerah Menara Eiffel.

Bila anda tour ke Perancis hari ini anda akan temui sebagain kota tertutup. Lalu lintas mobil sangatlah terbatas. Terutama di pusat kotannya, macet dan tumpukan orang dimana-mana. Objek wisata juga tidak semua buka. Karena dipakai untuk rayakan Bastille Day ini. Satu hal yang harus anda pertimbangkan.

Di area Menara Eiffel juga dibangun panggung untuk konser musik. Mengakibatkan pemandangan terganggu kalau anda mau ambil poto cantik menaranya.

Hari Nasional Belgia

Pada setiap bulan juli tanggal 21 Belgia akan berpesta merayakan hari kemerdekaan mereka. Apa yang bisa anda temui disini ? Beragam kemeriahan menyelimuti kota-kota di Belgia. Terutama di ibukotanya, yaitu Brussel, bisa anda temukan parade, pesta kembang api dan pertunjukan Air Force Flyover. Adalah atraksi jet-jet tempur yang melintas membuat satu paduan menarik untuk dilihat. Tentunya dibarengi dengan asap berwarna-warni penuh kecereiaan.

Hari Raya Natal

Karena sebagain besar Eropa memeluk agama Kristen, maka perayaaan Natal juga akan sangat terasa di tiap negara. Untuk hari H-nya sendiri akan sepi dan kurang menarik. Tapi sebelumnya anda akan banyak temui hal-hal yang menjadikan Natal begitu berkesan bagi para wisatawan dan warga setempat.

Pertama yaitu adanya lampu-lampu yang menghiasa setiap sudut kota. Lampu hias terutama akan menjadi tontonan di pusat kota dan daerah perbelanjaan. Biasanya membentuk ornamen bunga atau berbentuk binatang rusa. Tema cahaya dan penerangan memang jadi tema utama pada setiap perayaan natal di Eropa. Tidak heran mengingat hari raya ini terjadi pada bulan Desember. Satu perode dimana matahari berada pada titik terjauh dari bumi Eropa. Akibatnya suhu jadi dingin dan hari menjadi sangat pendek. Rata-rata matahari cuma nongol dan bersinar dari jam 09.00 sampai jam 5.00 sore.

Festival Light di Amsterdam bisa anda temui. Diadakan di canal-canal sepanjang kota. Untuk menikmati suasana yang lebih seru anda bisa naik perahu berwisata menjelahi canal indah dihiasi warna-warna ornamen lampu. Satu pengalaman yang sangat menyenangkan.

Ciri khas dari suasana hari Natal adalah adanya pasar natal. Atau Di daerah setempat, seperti di Belanda disebut Kerstmarkt . Pasar dadakan ini hanyak dibuat khusus untuk perayaan Natal. Apa yang akan anda jumpai tidak lebih dari barang-barang yang berkaitan dengan natal. Dari pohon, hiasan bola, salju buatan hingga parcel atau bingkisan khusus.

Anda juga bisa temui makanan khas dan minuman hangat. Warga setempat berbelanja berbagai keperluan natal di pasar ini. Namun wisatawan dari kota lain dan bahkan luar negeri juga berbondong-bondong datang kesini. Hiburan musik dan drama juga biasanya menjadi tontonan menarik dari pasar natal ini.

Untuk wisata belanja pada umumnya, ini juga waktu yang tepat untuk berburu barang branded di Eropa dengan diskon besar. Karena pusat-pusat perbelanjaan berlomba-lomba menarik para pembeli dengan mengadakan korting besar-besaran.

Lokasi pasar Natal sendiri terdapat di pusat kota.  Tepatnya di alun-alun, dan sekitar area pertokoan, sehingga ruang gerak wisata kota menjadi terbatas.

Hari Raya Idul Fitri

Meski tidak semeriah di Indonesia, suasana Idul Fitri di Eropa masih bisa anda temui di kota-kota besar. Seperti London, Paris, Amsterdam dan Berlin. Tempat dimana komunitas umat muslim banyak bermukim. Suasana Ramdan juga akan terasa, dimana saat orang mau sholat tarawih, bisa dijumpai orang-orang berlalu-lalang memakai busana muslim.

Di toko dan supermarket bisa anda jumpai diskon dan promosi menarik berkaitan dengan Ramadan dan Idul Fitri. Meski bukan hari raya nasional, dimana ada hari libur nasional, namun setiap orang dari anak sekolah hingga pekerja bisa meminta libur. Ini suatu kebijakan baru, dimana gaung kegiatan umat muslim memang semakin terasa di bumi Eropa.

Dulu yang mendapatkan barang halal masih susah, sekarang anda bisa beli daging halal di toko-toko spesialis makanan halal yang kebanyakan dikelola oleh muslim Turki dan Maroko.

Di Belanda misalnya, Hari raya Idul Fitri dikenal dengan istilah Suiker Feest, yang artinya Pesat Gula. Istilah ini dipakai karena pada hari raya idul fitri umat muslim, yang kebanyakan adalah orang Maroko, merayakannya dengan membuat kue-kue manis dan hidangan lain yang cenderung memakai bahan gula untuk memberi kenikmatan. Oleh karena itulah orang Belanda menyebutkan dengan istilah Suiker Feest.

Itulah hari raya di Eropa yang patut anda perhatikan, dari suasana hingga segala aktifitas yang mengiri kemeriahannya.

Leave a Reply