Berapa Biaya Tour Ke Eropa?

Biaya menjadi hal yang sangat penting bagi perjalanan anda. Tanpa uang mencukupi tour tidak akan terlaksana. Lalu bagaimana caranya menentukan agar anggaran anda bisa mencukupi?. Jika anda pergi ke luar negeri, seperti Eropa, uang yang harus dikeluarkan jauh lebih banyak karena nilai kurs Euro lebih tinggi dari Rupiah. Pada saat tulisan ini dibuat, 1€ sama dengan Rp.16.000. Satu angka yan fantastis. Untuk bisa kesana tentu butuh biaya yang tidak sedikit.

Setidaknya ada 5 komponen utama peruntukan anggaran dalam perjalanan ke Eropa, yaitu tiket pesawat, hotel, transportasi, makan dan asuransi. Selain itu ada biaya tetap pembuatan visa dan paspor. Tapi ini sifatnya stabil. jadi bisa dihitung dengan mudah. Kita bisa urai dan urutkan biaya-biaya ini satu persatu. Karena sifatnya beragam, maka harga dibawah ini adalah hanya sebagai acuan garis besar. Tergantung musim dan acara tertentu, harga tiket pesawat dan hotel bisa berubah-ubah mengikuti permintaan pasar pada saat itu.

Harga Tiket Pesawat

Harga tiket  pesawat cenderung naik turun sesuai permintaan pasar. Pada saat high season seperti musim panas atau akhir tahun, harga akan naik. Pada umumnya kisaran uang yang dibutuhkan adalah sekitar $1000 untuk bayar tiket pesawat pulang pergi Jakarta – Amsterdam. Untuk dapatkan harga lebih murah anda bisa akali dengan pergi pada musim senyap, yaitu pada sekitar bulan Februari dan awal Maret. Atau pilih di akhir tahun pada bulan Oktober-November.

Dengan pencarian yang jeli anda bisa dapatkan harga tiket pesawat murah ke Eropa. Saya sendiri pernah beli tiket di bulan februari PP seharga $385 atau sekitar Rp. 6.000.000 dengan naik China Southern Airlines.

Maskapai penerbangan lain yang sering promo adalah Emirates, Etihad dan Turkish Airlines. Kisaran harga biasanya di €400 -€550. Biasanya tiket murah ini bisa dibeli jauh-jauh hari dan siftanya sangat terbatas. Jadi anda harus bergerak dengan cepat mengamankan tiket jika dia masih tersedia dengan harga murah. Salah satu ciri tiket promo adalah adanya rute penerbangan yang panjang dengan beberapa trasit yang memakan waktu lama.

Misalnya rute China Airlines dari Rute Jakarta – Amsterdam akan ditempuh sebagai berikut ; Jakarta – Guangzhou – London – Amsterdam. dengan lama perjalanan total 27 jam. Dan pesawatpun berganti dari tipe sedang, besar hingga kecil.  Jadi anda harus siap dengan resiko ini. Mau dapat yang murah kan ?

 Biaya Transportasi

Mau pilih transportasi  murah makan anda bisa pilih naik bus antar kota. Dengan armada Eurolines anda bisa naik bus dari Amsterdam ke Paris kurang lebih 10-12 jam. Tergantung tempat pemberhentian selama diperjalanan. Biasanya dia akan berhenti di kota-kota besar bongkar mura penumpang. Seperti di kota Rotterdam – Antwerpen – Brussel – Lille. Sekarang ada armada bus enak seperti Flixbus dengan harga murah. Dan bisa dipesan layaknya mau naik pesawat. Tersedia app yang dengan  mudah bisa dipergunakan untuk booking.

Fasilitas bus pun oke punya. Seperti Free Wifi, Charger station, Toilet dan AC. Harganya berapa ? Anda bisa dapatkan harga tiket sebesar €15 hingga €45. Sekali lagi dia mirip pesawat terbang, harganya naik turun sesuai permintaan pasar. Enaknya semua harga online jadi bisa dengan mudah dipantau.

Alat transportasi lain seperti kereta api dan pesawat bisa digunakan. Namun harga akan lebih mahal dari naik bus. Seperti slogan iklan bus “Cuma Berjalan Lebih Murah”. Keutungan dari naik kereta api atau pesawat adalah waktu. Anda bisa dengan cepat sampai ke tujuan. Seperti naik pesawat Amsterdam – Paris tidak sampai satu jam. Naik Kereta Thalys, anda sudah di Paris dalam waktu 3 jam 20 menit. Cepat sekali, karena kereta bisa melaju 300km/jam.

Di dalam kota sendiri anda bisa jalan kaki, sewa sepeda atau pakai bus dengan pakai Daycard trip. Biasanya berkisar antara €10-15 tergantung kota mana. Anda bisa naik metro , tapi kekurangannya tidak ada pemandangan yang bisa dilihat. Lain cerita kalau naik bus atau sepeda. Suasana kota bisa dinikmati sepanjang perjalanan.

 Uang Makan

Komponen satu ini bisa dihemat sesuai keinginan dan selera. Jika mengikuti pola makan orang Eropa maka sarapan pagi adalah roti. Makan siang ketemu roti lagi. Sedang makan malam bisa makanan berat seperti kentang, pasta atau nasi. Roti bisa dibeli pada supermarket. Dengan cukup €1,5 anda sudah dapat roti potong satu gulung  yang bisa dimakan selama 2 hari. tambahkan ceres atau selai kacang berharga €2 anda sudah terjamin makan pagi dan siang. Malam hari bisa beli kentang goreng. Atau lebih hemat bawa saja Indomie dan masak sendiri.

Alternatif lain adalah beli Kebab, bisa dalam bentuk wrap atau roti. Kisaran diharga €4 per porsi. Minum lebih baik beli di supermarket. Bagi anda yang cukup dengan air putih. Air di rumah atau hotel yang keluarg dari kran adalah air layak minum. Pada lokasi tertentu di sudut kota biasanya disediakan pompa khusus air minum. Anda bisa ambil ini dengan cuma-cuma.

Biaya Asuransi

Asuransi perjalanan atau travel insurance siftanya wajib. Ini adalah salah satu sarat mutlak untuk dapatkan visa Schengen. Oleh karenanya harus dibeli.  Ada beberapa perusahaan asuransi yang tawarkan polis dengan cover cukup baik. Harus diingat asuransi yang diperbolehkan adalah polis asuransi yang bisa mengcover setidaknya  sebesar yang ditentukan oleh negara  pemberi visa. Pada umumnya adalah minimal €30,000.

Asuransi ini berharga €1/hari. Jika ingin polis lebih lengkap anda bisa bayar €1,5 / hari. Jadi terhitung cukup  murah. Perusahaan asuransi yang terkenal adalah Axa. Jadi anda bisa beli visa ini secara online. Dan Polis dikirim ke email. Anda tinggal cetak ini sebagai salah satu persyaratan pembuatan visa Schengen.

 Harga Hotel

Tempat menginap murah di Eropa adalah hostel. Anda bisa dapatkan harga hostel sebesar €20/malam. Dengan fasilitas tempat tidur berjamaah. Biasanya tempat tidur bertingkat dengan 6 sampai 10 orang dicampur dalam satu kamar. Anda harus jeli apa kamar itu campur lelaki perempuan atau hanya satu jenis saja. Perhatikan juga faktor keamanan dan kenyamaan. Apa dengan harga yang ditawarkan sebanding dengan resiko yang ditanggung.

JIka anda bepergian secara grup, kamar hostel bisa dibooking untuk satu grup. Jadi tidak akan tercampur dengan orang lain. Untuk saat ini pilihan rumah inap dari AirBnB juga jadi pilihan., JIka grup anda besar biasanya harga tidak beda jauh dengan harga hostel. Dengan perbandingan keamanan, kenyamanan dan privasi, sebaiknya ambil rumah lewat AirBnB.

Biaya Pembuatan Visa

Terakhir adalah harga Visa yang tidak bisa ditawar. Untuk saat ini pada kisaran €60, atau siapkan uang sejumlah Rp.1000.000. Bila anda pakai jasa agen untuk membuat visa maka ongkos jasa akan ditambahkan, besarnya bervariasi. Katakan secara umum anda habiskan Rp.1,5 juta untuk pembuatan visa

Kesimpulan

Jadi  total biaya tour Eropa bila melihat uraian diatas adalah sebagai berikut :

Katakan anda mau jalan-jalan ke Eropa dalam  waktu 10 hari 9 malam (Paket Tour Eropa 10D9/N)

Tiket pesawat = €500, ambil harga tengah dan cenderung dapat dibeli jika ada promo.

Hotel = €20/malam (x) 9= €180

Makan = €10/day (x)=€100

Transportasi = katakan dalam 10 hari anda kunjungi 5 negara dengan perjalanan 5x antar kota, ditambah daycard, biaya rata-rata = €35+€15 = €50/hari (x) 5 = €250

Visa = €100

Asuransi = €1,5, ambil yang komplit (x)10 = €15

Scara total = €1145 (x) Rp.16.000 = Rp.18.320.000. Tambahkan uang biaya tak terduga, oleh-oleh sebesar €300, maka  total adalah €1445 atau Rp.23.150.000

Apakah masih bisa dihemat?, bisa. Untuk makan jika ingin pakai Indomie makan akan lebih hemat. atau bawa rice cooker juga bisa., Di hostel biasanya akan disediakan dapur umum. Atau kalau inap di AirBnB fasilitas memasak  pasti tersedia.

Transportasi juga masih bisa dikurangi jika anda mau jeli mencari tiket murah dan selama dikota sewa sepeda atau jalan kaki. Jika anda naik bus pada malam hari, maka ongkos hotel juga berkurang karena anda bisa tidur di bus selama dalam perjalanan.

 

 

 

 

 

Leave a Reply